Mengenal Batu Kecubung

Mengenal Batu Kecubung

Warna ungu sampai merah muda adalah warna umum batu kecubung. Ada dua jenis kecubung yang dikenal di dunia yaitu amethyst banded danamethyst flower. Amethyst banded diyakini para kolektor batu mulia memiliki kekuatan untuk meningkatkan daya meditasi, membersihkan aura, membuka cakra, dan menolak energi negatif, baik yang berasa luar maupun dari dalam. Sementara, amthyst flowers mengandung energi ketenangan sehingga secara individu bisa menjalin kerja sama dengan orang lain yang menjadi sumber keberuntungan.


Khusus untuk masyarakat Indonesia, dikenal pula kecubung combong, yaitu kecubung yang memiliki lubang dari atas sampai bawah. Batu yang terakhir ini diyakini memiliki kekuatan gaib. Dari jenis potongannya, di pasaran dikenal kecubung berbentuk par cut, octagon cut, heart cut, dan round brilliant cut.

Apa sebenarnya kecubung itu? Secara ilmiah, kecubung atau amethyst ini merupakan sejenis batuan mineral kuarsa. Orang geologi menyebut batu ini sebagai batu mineral supercomposite yang terdiri dari lamella seperti belang di antara bagian kanan dan kirinya sebagai akibat tekanan mekanikal di dalam lapisan bumi selama jutaan tahun.

Corak dalam kecubung yang mirip sidik jari ini juga sebagai akibat hilangnya air dalam mineral tersebut dalam waktu yang sangat lama. Batu ini termasuk kelas batu mulia atau permata kelas 2 dengan kekerasan 7 pada skal Mohs.


Pendapat keliru yang berkembang di lingkungan para peminat dan kolektor batu mulia bahwa batu ini hanya ada di Indonesia itu pun hanya di kawasan Garut, Martapura, dan Pacitan. Pendapat ini jelas keliru, karena ditemukan fakta secara geologis bahwa di Brazil, Kanada, India, Russia, Madagascar, Namibia, Sri Lanka, dan Amerika, juga banyak ditemukan batu ini. 

Sumber: Anneahira

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Batu Cincin Kecubung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger