Struktur dan Warna Batu Kecubung

Struktur dan Warna Batu Kecubung

Kecubung alias amethyst adalah variasi batu kwarsa yang dikenal karena warna keunguannya yang manis. Warna ungu ini timbul akibat penyinaran dan ketidakmurnian elemen besi (yang pada beberapa kasus terkait dengan tidak murninya elemen transisi). Warna ungu juga diakibatkan oleh kehadiran elemen jejak yang menghasilkan pola-pola geometris kristal yang rumit. Kerasnya batu ini mirip dengan batu kwarsa, karena itu batu ini bisa diolah menjadi batu perhiasan.

Warna keunguan batu ini beragam, mulai dari ungu muda yang agak merah muda sampai ke ungu tua yang pekat. Batu ini bisa memunculkan warna-warna lainnya seperti biru dan merah, tetapi sangat jarang. Kualitas kecubung yang ideal disebut “deep Siberian”. “Deep Siberian” memiliki tingkat warna ungu mencapai 75% - 80% dengan campuran warna biru dan merah sebanyak 15% - 20%.

Batu kwarsa hijau sering dipertukarkan dengan kecubung hijau. Ini adalah penamaan yang salah karena kwarsa hijau sama sekali berbeda dengan kecubung. Nama yang benar untuk batu kwarsa hijau adalah vermarine.


Pada beberapa kasus, warna kecubung tersusun pada garis-garis parallel yang terpusat pada permukaan kristal. Ini tidak disukai oleh para pecinta batu perhiasan. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan memotong batu tersebut dengan hati-hati sehingga tidak tampak ada garis-garis tersebut. Pemotongan seperti ini bukanlah hal yang mudah karena lapisan-lapisan yang terpisahkan oleh garis itu sangatlah tipis.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Batu Cincin Kecubung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger